Rabu, 28 Maret 2012

Toyota Celica tercepat di Goodwood Festival of Speed

Toyota Celica tercepat di Goodwood Festival of Speed


Toyota Celica jadi bintang di akhir gelaran Goodwood Festival of Speed 2011 dengan menjadi yang tercepat dari lebih 200 mobil lainnya. Lintasan menuju puncak bukit sepanjang 1,86km itu diselesaikan dalam tempo 48,07 detik.
Goodwood Festival of Speed 2011 berlangsung di Inggris akhir pekan lalu (30 Juli - 3 Juli). Dalam ajang tahunan ini, ratusan mobil peforma tinggi unjuk gigi. Mereka tampil dengan semua kelebihannya untuk menunjukkan siapa yang terbaik. Ada banyak acara sepanjang acara itu. Namun yang menjadi pusat perhatian adalah balapan ke puncak bukit di Goodwood.
Dalam balapan itu, Toyota Celica bisa mengasapi Maserati MC12 (50,99 detik), Lotus Cosworth 88B (51,84 detik) dan Brabham Cosworth BT42 (52,03 detik). Mobil lain yang juga berkompetisi mendaki bukit itu termasuk Aston Martin V12 Zagato (62,30 detik), Nissan Leaf NISMO (71,85 detik) dan Tesla ROC Roadster Sport (58,77 detik).
Sang juara, Toyota Celica dipiloti dan dibuat oleh Jonny Milner, yang pernah menjadi juara rally. Dia mengalahkan banyak pembalap top dunia, termasuk mantan Juara Dunia Balap Formula One, Lewis Hamilton.
Milner berhasil mendulang 800hp dari mesin lama yang digunakan oleh Corolla WRC (World Rally Championship). Mesin ini dipasangkan dengan supercharger untuk memproduksi daya kuda maksimal di putaran bawah. Dan dibantu NOS untuk mengurani efek turbo lag. Milner juga memangkas bobot Celica jadi 1.050 kg dan mengoptimalkan distribusi beratnya dengan menggeser posisi duduk pengemudi ke belakang. Perubahan pada rumah roda dan sistem suspensi membuat mobil makin rapat dengan permukaan lintasan.
Ban berspesifikasi soft rallycross dari Michelin juga berkontribusi besar mengubah daya raksasa menjadi kemampuan gerak.
Spesifikasi Toyota Celica GT4
Mesin : Corolla WRC empat silinder 16 katup
Kapasitas mesin : 1.998 cc
Turbocharger : Garret GT35/42
Supercharger : Rotrex, belt-driven
Engine Management : Motec
Compression ratio : 9.7:1
Daya maks (hp @ rpm) : 700 @ 5,700, bila di bantu NOS bertekanan 2bar lebih besar dari 800hp.
Kapasitas tangki (l) : 15.
Berat (kg) : 1.050
Sistem transmisi : Mactrack 5-speed manual with Fensport triple-plate clutch
Suspensi (front & rear) : Reiger Corolla WRC 3-way adjustable dampers
Rem depan : 343mm Corolla WRC ventilated discs with Alcon callipers
Rem Belakang : 295mm Corolla WRC ventilated discs with Alcon callipers
Wheel : 18 inci.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money