Rabu, 28 Maret 2012

Part Avansa dan fungsinya


Toyota Avanza, selain populasinya yang cukup banyak juga punya beberapa komponen bawaannya yang bisa diaplikasikan ke tipe mobil lain. Di antaranya ada alternator, rear wiper, nosel washer wiper dan kompresor AC. Aplikasinya selain meningkatkan faktor estetika juga menambah fungsi dari mobil-mobil yang menerapkannya.

 Alternator Avanza orisinal dibanderol Rp 1,5 jutaan dalam kondisi baru sementara eks limbah sekitar Rp 900 ribuan (kiri) - Nosel wiper, semprotannya lebih menyebar (kanan)

ALTERNATOR

Alternator milik Avanza ternyata laris manis sebagai alternatif pembangkit listrik untuk mobil lain seperti Toyota Starlet, Great Corolla atau Soluna.

Ini lantaran dimensi dan kemampuannya menyuplai listrik di atas rata-rata mobil lawas tadi. “Dengan daya sekitar 70 ampere, dirasa mumpuni untuk diaplikasi ke mobil BT90s atau bahkan buat Avanza generasi pertama keluaran 2004-2005,” jelas Supardi dari Angkasa Dinamo di bilangan Kebon Jeruk, Jakbar.

Sebagai ilustrasi, alternator eks limbah yang sudah direkondisi dibanderol Rp 800-900 ribu belum termasuk pasang. Sementara bagi yang ingin versi dalam kondisi baru gres, bisa menebusnya seharga Rp 1,5 jutaan.

NOSEL WASHER WIPER

Komponen mungil ini kepunyaan All New Avanza. Namun aplikasinya bisa dipakai untuk mobil-mobil Toyota lainnya seperti Avanza, Innova, Great Corolla dan Soluna. Per buahnya, dilabeli sekitar Rp 40 ribu.

Nosel wiper ini banyak dipilih karena punya keuntungannya menyemprotkan air ke kaca dengan area yang lebih menyebar. Apalagi dudukannya sama persis dengan mobil-mobil tersebut, sehingga urusan pemasangannya tidak terlalu merepotkan.

 Rear wiper, favorit anak klub (kiri) - Kompresor AC, banyak yang dudukannya sama persis (kanan)

REAR WIPER

Wiper di kaca bagasi belakang Avanza jadi favorit di kalangan penggemar mobil yang ingin meningkatkan tampilan. "Banyak yang beli bukan pemilik Avanza, tapi justru untuk dipasang di Starlet kapsul dan Karimun kotak," terang Pan Pan dari GT Motor, toko onderdil khusus Toyota.

Pembersih sisa air hujan di kaca belakang ini dipilih lantaran bentuknya yang cukup kompak dan pemasangannya mudah. Harga satu batang wiper-nya dilepas Rp 145 ribu sudah termasuk karetnya. Sudah begitu jika karetnya menipis, bisa diganti dengan versi refill atau karetnya saja. Namun Pan Pan menekankan untuk melepasnya harus ekstrahati-hati, karena rentan patah.

KOMPRESOR AC

Komponen vital pendingin kabin ini juga bisa berbagi dengan sesama tipe Toyota lainnya. Banyak dipilih lantaran dudukannya sama persis dengan Toyota Yaris, Vios, New Vios, Terios dan Rush. "Dudukannya sama persis, bedanya cuma di pulinya aja," jelas Sugeng dari Tetap Jaya AC di pusat onderdil Atrium Senen, Jakpus. 

Di tokonya, pria klimis ini menjajakan merek Cool Gear. Tawaran harganya cukup terjangkau bila dibandingkan keluaran orisinil. Satu unit versi aftermarket ini dihargai Rp 1,1 juta.


ELECTRIC FAN

Berlaku sama untuk electric fan alias kipas listrik, milik Avanza kerap menjadi lirikan oleh pemilik mobil lain saat motor kipas mulai ngadat.

Bentuknya sepintas memang sama dengan varian Toyota lainnya tetapi bukan berarti haram dipakai ke merek lain. “Opsi electric fan bisa motornya saja atau assembly alias lengkap dengan rumahnya,” papar Agung Waluyo dari Putra Agung Motor di bilangan pasar onderdil Palmerah.

Motor fan Avanza dipatok sekitar Rp 250 ribu. Sementara untuk produk assy unit dibanderol sekitar Rp 550 ribu.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money